Ketika Cokelat Berpisah dengan Susu

Reportase Bayang Reka Television

Sejak tahun 2014 yang lalu produksi biji kakao yang kemudian lebih dikenal dengan istilah biji coklat di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tajam. Lonjakan pengembangan budidaya kopi di Indonesia, terutama dampak adanya program Gerakan Nasional Peningkatan Produksi dan Mutu Kakao (Gernas Kakao) saat itu, dan hingga saat ini Indonesia menempati urutan ke-tiga sebagai negara produsen kakao di dunia.

Saat ini ada dua negara yang paling populer dan dikenal sebagai produsen cokelat di dunia, yakni Swiss dan Belgia, namun demikian di mata dunia Indonesia merupakan salah satu negara yang dikagumi dunia karena penghasil kakao kualitas tinggi di dunia.

Peredaran produk cokelat di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 60-an, rata-rata disertai dengan bahan-bahan kandungan susu, bahkan hampir tidak pernah diketemukan produk-produk coklat yang tak berkandungan susu, namun sebuah perusahaan yang berlokasi di Bandung telah benar-benar berani membuat produk cokelat murni tanpa susu. Sajian cokelat tanpa susu, memungkinkan penikmatnya bisa merasakan sensasi cokelat yang menggelora.

Cokelat adalah sebutan untuk makanan yang diolah dari biji kakao.Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian. Bahkan sebagai pernyataan cinta. Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer Indonesia dan di dunia. Selain sebagai cokelat batangan yang paling umum dikonsumsi, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin.

Namun sayang, “gaung” cokelat asli Indonesia tidak terlalu terdengar oleh masyarakat dalam negeri negeri sendiri dibandingkan dengan kopi. Padahal sejarah dan eksistensi keduanya di Indonesia sangat bersinggungan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s