Hebatnya Produsen Kopi di Indonesia

Reportase Bayang Reka Television

Kemajuan teknologi serta komunikasi telah memungkinkan perkembangan secara pesat para produsen kopi di Indonesia. Sebagai catatan, Indonesia merupakan negara penghasil biji kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia dengan produksi rata-rata sebesar 639 ribu ton per tahun atau sekitar 8 persen dari produksi kopi dunia. Komposisi produksi kopi Indonesia adalah 72,84 persen kopi jenis robusta dan 27,16 persen kopi jenis arabika.

Pertumbuhan usaha komoditas ini seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia serta pertumbuhan masyarakat terutama kelas menengah.

Kini para produsen kopi tidak hanya menjual kopi sebagai komoditi biasa, namun jauh lebih pesat seperti yang diperkirakan sebelumnya. Sebut saja perusahaan produsen kopi Domba asal Bali, yang telah berhasil mengeksport hasil produksinya ke beberapa manca negara.

Domba, mungkin merupakan salah satu dari sekian banyak produsen kopi yang telah berhasil mempertahankan usahanya dengan melakukan pengemasan produk sesuai jaman.

 

Kebijakan pengembangan industri pengolahan kopi oleh pemerintah saat ini memang ditujukan untuk terus mengembangkan potensi pasar di dalam negeri. Beberapa program yang dikembangkan, seperti peningkatan kapasitas sumber daya manusia seperti barista, roaster, penguji cita rasa (cupper), peningkatan nilai tambah biji kopi di dalam negeri, dan peningkatan mutu kopi olahan terutama kopi sangrai (roasted bean), melalui penguasaan teknologi roasting.

Di masa yang akan datang diprediksi Indonesia bakal menjadi eksportir utama di Asia dan dunia.

 

Perlu diketahui bahwa, Industri pengolahan kopi, telah menunjukkan kontribusi yang semakin meningkat bagi ekspor Indonesia. Pada 2016, sektor ini mencatat angka ekspor USD 427,89 juta, atau meningkat sekitar 19 persen dari 2015. Neraca perdagangan produk kopi olahan Indonesia surplus USD 349,18 juta.

Ekspor produk kopi olahan didominasi produk kopi instan, ekstrak, esens dan konsentrat kopi yang tersebar ke negara tujuan ekspor utama yaitu ASEAN, RRT, dan Uni Emirat Arab.

Bayang Reka TV Melaporkan untuk anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s