Pohon Sengon, Dulu Merana Kini Menjadi Primadona

Reportase Bayang Reka Television

Pohon Sengon merupakan jenis tanaman kayu yang sangat baik di tanam di areal hutan rakyat. Pohon ini merupakan tanaman yang cepat tumbuh karena sengon tidak memerlukan tapak tumbuh yang sulit. Pohon Sengon adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae. Pohon peneduh dan pertumbuhan pohon ini tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, Cina selatan, dan Indonesia. Sengon juga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pemanenan dan kegiatan pemeliharaannya relatif mudah dan ekonomis.

Dulu tanaman ini hanya terbatas untuk digunakan sebagai bahan palet, serta untuk keperluan packing barang, karena kayu ini dianggap sangat rapuh dan tidak memenuhi syarat bagi penggunaan property seperti bahan kayu lainnya.

Namun, kemajuan teknologi membuat kayu Sengon yang dulu merana, kini menjadi primadona yang bernilai bagi usaha kepentingan eksport ke manca negara.

Teknologi Lightwood property telah merangsang masyarakat untuk membudidayakan pohon sengon secara masif. Pohon yang memiliki nama latin Albazia Falcataria kini menjadi primadona tanaman kayu masyarakat indonesia, terutama karena kayu jenis ini memiliki peluang bisnis yang besar bagi para pembisnis kayu. Salah satu kelebihan sengon adalah pertumbuhannya yang cepat dan kegunaannya yang sangat beragam. Dari mulai akar hingga pucuk daun memiliki kegunaan yang tidak kecil bagi kehidupan. Kayunya dapat digunakan sebagai bahan baku pulp kertas, kayu lapis, papan serat, dan lain-lain.

Pada dasarnya Light Wood Technology merupakan teknologi yang mengembangkan bangunan dengan seluruhnya menggunakan bahan-bahan kayu ringan seperti kayu Sengon, kayu Oaks, dan kayu-kayu sejenis. Adalah perusahaan Mywoodwall yang telah berhasil mengembangkan teknologi ini menjadi sebuah jenis rekayasa baru yang memberi peluang yang lebih besar bagi kayu-kayu ringan untuk dimanfaatkan sebagai bahan bangunan yang indah.

Kelebihan bangunan dengan menggunakan kayu ringan atau light wood technology adalah kepraktisan, daya gerak,sustainabilitas, serta durabilitas yang lebih baik. Bangunan dengan kayu-kayu ringan memungkinkan orang untuk mengupayakan keindahan yang sedemikian rupa, dan bahkan dapat didirikan tanpa menggunakan tiang pancang seperti bangunan lainnya. Hanya memang perlu diketahui bahwa bahan ini memang sangat rapuh bila terkena air.

Bayang Reka TV melaporkan untuk anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s