Menikmati Mangut Lele Mbah Marto Jogja

Reportase Bayang Reka Television

Kota Jogja, memang tak pernah lekang dengan setiap hal berkaitan dengan dunia kuliner di Indonesia. Berdasarkan kajian survey yang dilakukan oleh Lembaga Kembang Mekar, mengisyaratkan bahwa lebih dari 40% penduduk Jogja pernah menjalani bisnis kuliner.

Mangut Lele Mbah Marto, mungkin merupakan salah satu dari sekian banyak penduduk Jogja yang telah berhasil membangun usaha menengah di daerahnya. Bertempat di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, restoran Mangut Lele Mbah Marto ternyata banyak dikunjungi para pelanggannya, yang datang baik dari daerah Jogja, maupun dari luar daerah seperti Klaten, Magelang, Solo dan sebagainya.

Ikan lele yang dipanggang di atas bara api, rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan mangut lele mbah Marto ini, disamping tentu saja rasanya yang nikmat, penuh dengan daya pikat.

Dari sisi lokasi, Mangut Lele Mbah Marto memang berada agak jau dari jalan raya, bahkan tepatnya berada di tengah desa yang cukup tersembunyi, namun bukan berarti tidak banyak pengunjung yang datang, dan sebaliknya rumah makan ini selalu ramai dikunjungi pembelinya

Mbah Marto menggunakan rumah sebagai tempatnya berjualan, dan para pengunjung tidak akan didatangi pelayan yang menawarkan menu makan, melainkan akan diarahkan ke pawon (dapur) untuk langsung mengambil makanan yang telah disiapkan Mbah Marto.

Dapurnya pun sangat sederhana dengan dinding bata yang tidak dilapisi semen dan telah menghitam karena setiap harinya terpapar asap dari pembakaran kayu bakar.

Pengunjung dapat menggunakan ruang tamu, ruang tengah, dan teras yang dipasangi meja dan kursi sebagai tempat makannya.

Ikan lele asap yang dimasak dengan resep legendaris buatan mbah Marto, bisa langsung disantap ketika masih hangat, langsung di dapur mbah Marto yang sederhana.

Minimal Mbah Marto telah membuat mangut lele menjadi salah satu makanan yang bikin kangen ketika main di kota Yogya ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s