Sukses Berbisnis Bahan Denim

Reportase Bayang Reka Television

Melihat celah usaha dengan memanfaatkan kebutuhan sebagai sebuah sumber penghasilan merupakan keberhasilah sendiri dalam dunia bisnis.

Anak muda yang satu ini telah memulai bisnisnya ketika ia memperoleh celana bahan denim dari temannya, kemudian ia melihat celah ini menjadi sebuah bisnis yang ia jalani sampai saat ini.

Bahan denim berasal dari sebuah kota di Prancis, bernama Nimes. Awalnya bahan ini disebut Serge de Nimes, lalu kemudian dipersingkat menjadi denim (de Nims). Denim merupakan material kain yang kokoh terbuat dari katun twill. Teksturnya mirip karpet namun lebih tipis dan halus.

Dari sana, ia mulai belajar soal mencari bahan yang baik, memilih model, dan membuka perkenalan dengan penjahit yang punya kualitas jahitan yang baik sambil dirinya mengumpulkan uang sebagai modal. Setelah modal terkumpul, dia pun mulai membuka usahanya namun masih belum memiliki merk sendiri.

Kini usahanya kian berkembang, hingga mencapai omset penjualan puluhan juta rupiah per bulan.

 

Jeans dan Denim. Serupa Tetapi Tidak Sama

Jeans dan Denim bisa kita katakan adalah sesuatu yang berbeda. Karena Jeans merupakan suatu produk (celana) , dan Denim merupakan suatu bahan. Jadi Jeans itu adalah suatu produk (celana) yang terbuat dari bahan Denim.

celana-koboi

 

Perbedaan Jeans dengan Denim

Denim memiliki sejarah yang lebih lama dibandingkan jeans, karena sudah dapat kita tebak bahwa suatu bahan pastinya akan lebih dulu tercipta dari suatu produk yang terbuat dari bahan tersebut.

 

Sejarah bahan Denim awal mulanya berasal dari kota di negara Prancis yang bernama Nimes. Nama Denim itu sendiri awalnya disebut dengan sebutan Serge de Nimes, kemudian nama tersebut dipersingkat dengan sebutan de Nimes (Denim). Bahan denim terbuat dari material kain yang kuat dari bahan cotton twill. Permukaannya mirip seperti karpet tetapi lebih tipis dan halus. Pada awalnya denim hanya memiliki 1 warna saja, yaitu warna Indigo, tetapi seiring perkembangan zaman saat ini kita bisa melihat warna-warna denim yang sudah mulai beracam-macam.

 

Sejarah Jeans

Jeans pertama kali diperkenalkan oleh merk jeans ternama yaitu Levis. Sejak levis membuat celana berbahan denim barulah muncul yang namanya jeans. Jadi Jeans merupakan sebutan khusus untuk produk celana berbahan denim. Diperkenalkan pertama kali oleh Jacob Davis dan Levi Strauss di tahun 1873. Sebelum populer di tahun 80an hingga saat ini dipakai mulai dari berbagai kalangan, Jeans hanya di design yntuk para koboi dan pekerja kasar pada tahun 1950-an.

 

Bahan Dasar Denim

Sebelumnya Denim adalah bahan hasil perpaduan wool dan cotton, atau wool dan silk. Namun sejak awal abad ke 19 bahan denim hanya memakai cotton saja. Hasil Dye dari Tanaman Indigofera membuat Jeans terlihat berwarna biru. dan telah digunakan sejak 2500 B.C. Berbagai pabrik denim mengimport tanaman indigo dari India hingga akhirnya sintetik indigo dapat tercipta.

 

Kesimpulan Perbedaan Jeans dengan Denim

Denim merupakan nama sebuah bahan atau kain, sedangkan Jeans adalah celana yang terbuat dari bahan denim. Denim bisa digunakan untuk berbagai produk pakaian mulai dari kemeja, rok, celana, tas, sepatu dan lainnya. Semua jeans adalah Denim, namun tidak semua denim adalah jeans.

 

Sumber artikel: Vlogbisnisanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s