Budaya Minum Kopi di Indonesia

Reportase Bayang Reka Television

 

Budaya minum kopi kini memang sedang trend di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Para penikmat kopi pun bertambah, kini berasal dari berbagai kalangan.    Tren minum kopi di Indonesia memang sangat marak, terutama bagi para kaum muda. Mereka pada umumnya akan mencari warung-warung kopi modern yang berada berdekatan dengan mall, sambil menikmati gratisan koneksi internet.

Tren ini, tentu saja akan merangsang menjamurnya kedai-kedai kopi, dan  mereka akan berusaha untuk membuat daya tarik tersendiri, sehinggga merangsang seseorang untuk datang dan mencoba menu yang disuguhkannya.

Bagi pecinta kopi, kopi bukanlah hanya sekedar trend tentu saja, melainkan lebih pada pencarian cita rasa yang konsisten sesuai kesukaannya.

Terlepas dari itu semua, minum kopi bagi kebanyakan anak muda selalu dimanfaatkan untuk menikmati suasana, menghilangkan kepenatan seusai kerja,kesempatan kumpul bareng teman-teman dan hal lain yang bahkan sama sekali tidak berhubungan dengan makna minum kopi yang sesungguhnya.

Seorang penyaji kopi di kedai kopi modern disebut Barista. Profesi barista ini kemudian akan menjadi sebuah profesi pekerjaan yang menjanjikan tentu saja. Profesi Barista menuntut keahlian dalam meracik kopi yang berbasis ekspreso.

Profesi ini menjadi ternama karena dibutuhkan keahlian khusus hanya untuk menyajikan secangkir kopi. Membutuhkan jam terbang dan pengetahuan lebih tentang berbagai jenis kopi untuk mejadi seorang barista.

Bagi mereka yang memang menjadi penikmat kopi sudah barang tentu mampu membedakan barista sungguhan atau yang hanya coba-coba. Itulah sebabnya, penikmat kopi sejati tidak akan memperdulikan fasilitas yang disajikan suatu kedai kopi. Ia akan kembali jika sudah merasa cocok dengan keahlian si barista.

Kini Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban, khususnya di kalangan anak muda. Rasa dan aroma kopi yang khas, menjadikan kopi sebagai minuman yang banyak dipilih untuk segala suasana. Tidak heran, kopi menjadi minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi orang Indonesia.

Data dari LPEM UI tahun 2013, menunjukkan konsumsi kopi domestik mencapai 1 kilogram per kapita per tahun. Sementara itu, data dari ICO (International Coffee Organization) menunjukkan, pertumbuhan peminum kopi di Indonesia berkembang pesat, bahkan lebih besar (>8%) daripada dunia (6%).

Peminum kopi awal biasanya memilih kopi yang dicampur gula dan creamer yang rasa kopinya lebih halus dan manis, kopi putih bisa menjadi pilihan untuk peminum seperti ini. Dalam 10 tahun terakhir, industri kopi di Indonesia semakin bergairah. Produksi kopi olahan pun makin berkembang, menawarkan kopi yang praktis tanpa kehilangan citarasa kopi asli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s