Jalur Sutera Jakarta Yogya

Reportase Bayang Reka Television

Sejak tahun 2015, jalur penerbangan udara Jakarta-Yogyakarta, menjadi jalur sutera bagi para pelaku bisnis transportasi udara. Pasalnya, jalur ini memiliki kapasitas kepadatan pengguna yang sangat luar biasa dibandingkan dengan jalur-jalur antar kota lainnya di Indonesia.

Saat ini tercatat 7 maskapai penerbangan yang melayani keberangkatan penumpang jurusan Jakarta Yogyakarta secara langsung masing masing adalah:  AirAsia, Lion Ir,Citilink Indonesia ,PT. Nam Air ,Sriwijaya Air ,Batik Air ,Garuda Indonesia,dan 1 maskapai yang melayani Penerbangan sambungan yakni Wings Abadi Airlines.

Saat ini terminal komersial Yogyakarta masih menggunakan Bandara milik Angkatan Udara Adi Sucipto, namun dalam waktu dekat para pelaku penerbangan Yogyakarta akan menikmati bandara baru. Bandara baru Yogyakarta tengah dibangun di daerah Kulon Progro.

TNI AU mewacanakan pengelolaan Bandara Adisutjipto menjadi tempat beroperasinya pesawat nonreguler berupa carter, cargo, dan VVIP jika semua penerbangan pesawat komersial berpindah ke Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo.

Komandan Pelabuhan Udara Adisucipto, Marsma TNI Novyan Samyoga mengatakan bahwa: Nantinya di Adisutjipto tidak ada lagi pesawat yang regular. Selain itu, Bandara Adisutjipto diharapkan bisa menjadi tempat perawatan pesawat. Karena selama ini bila ada pesawat komersial rusak di Yogya harus mendatangkan teknisi dari Jakarta sehingga memerlukan waktu perbaikan cukup lama. Sehingga  nantinya bengkel pemeliharaan pesawat akan di Adisutjipto, seperti hanya di Soekarno-Hatta ada GMF (Garuda Maintenance Facility).

Panjang landasan bandara Adisucipto adalah 2.200 meter, dan ukuran itu sangat tidak memadahi bagi pesawat-pesawat komersial yang beroperasi sekarang.

Bandara Adi Sucipto (Adisutjipto) terletak di daerah Sleman kota Yogyakarta. Luas bandara ini adalah sekitar 183 hektar. Nama bandara ini diambil dari nama pahlawan Agustinus Adisutjipto asal Salatiga yang gugur pada tahun 1947. Bandara Adi Sucipto (Adisutjipto) berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat kota dan dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit. Tersedia lahan parkir seluas 3.705 m² di bandara untuk kendaraan pribadi

Terlepas dengan berbagai kontraversi tentang perpindahan bandara komersial Yogyakarta ke daerah Temon, namun bagaimanapun juga jalur penerbangan Jakarta Yogyakarta akan tetap menjadi jalur sutera bagi para pelaku bisnis transportasi udara dan akan terus berkembang pada masa-masa mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s